SMK N 2 Pinggir merupakan sekolah kelompok teknologi  dan rekayasa yang berdiri pada tanggal 10 juni 2010 tepatnya pada tahun ajaran 2010/2011 .Yang awal berdirinya menumpang di SDN 07 Pinggir di desa Muara Basung  yang kala itu membuka 2 program keahlian yaitu Teknik Komputer dan Jaringan 22 orang siswa dan Teknik Kendaraaan Ringan memiliki 19 orang siswa  sehingga jumlah siswa selurunya berjumlah 41 orang. Dengan diampuh oleh 4 orang guru dibantu 2 orang tenaga tata usaha yang kesemuanya adalah tenaga honor komite..   sekolah ini mengalami masa transisi yang sangat sulit.




para pengajar yang kebanyakan berasal dari duri, mengaku mengalami banyak kendala yang ditemui, terutama masalah kesejahteraan guru. guru guru yang harus menempuh perjalanan sejauh 25 Km, hanya memperoleh honor dibawah Rp. 200 ribu. tapi dengan tekad untuk memajukan SMK ini, para guru tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan jam wajib yang diembannya.

Para guru, terutama kepala sekolah, bapak Elmi Suhaimi, S.Pd yang telah memberikan sumbangsih semenjak berdirinya SMK ini, menyatakan bahwa SMK ini adalah hasil kerja keras semua pihak terkait, mulai dari yayasan pendiri (Tunas Harapan), Dewan Perwakilan Daerah, serta masyarakat di desa Muara Basung. berkat kerja keras itulah, berdasarkan laporan dari panitia penerimaan siswa baru SMK N 2 pinggir jumlah siswa sekarang mencapai 200 orang peserta yang telah mendaftar (belum mendaftar ulang). jika dibandingkan dengan penerimaan tahun sebelumnya yang hanya 34 orang, maka jumlah ini merupakan pelonjakan yang signifikan. semoga tahun tahun berikutnya jumlah siswa dan mutu SMK ini bisa kita tingkatkan